PENDAMPINGAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MIN 4 BOYOLALI

Authors

  • Praptiningsih Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Alfian Eko Rochmawan Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Anita Wardani Marsyanda Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Natasya Alya Rahma Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.58326/jab.v5i1.336

Keywords:

Kata Kunci: Dampingan, Literasi, MIN 4 Boyolali

Abstract

Pendampingan gerakan literasi sekolah (GLS) ini bertujuan untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan minat baca serta menumbuhkan budaya literasi di kalangan peserta didik MIN 4 Boyolali. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pendampingan literasi dengan penyediaan bahan bacaan yang menarik dan sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik. Metode pelaksanaan mencakup: (1) observasi awal, (2) pembentukan Tim Literasi Sekolah (TLS), (3) pendampingan program literasi, (4) monitoring, dan (5) evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa: (1) peserta didik menunjukkan antusiasme dan semangat tinggi dalam mengikuti program literasi, dan (2) peserta didik mampu memahami isi bacaan, yang tercermin dari ringkasan tulisan dan presentasi lisan yang mereka hasilkan. Program pendampingan ini diharapkan dapat mendorong sekolah untuk mengembangkan program literasi secara mandiri dan berkelanjutan, sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Kata Kunci: Dampingan, Literasi, MIN 4 Boyolali.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-29

How to Cite

Praptiningsih, Eko Rochmawan, A. ., Wardani Marsyanda, A. ., & Alya Rahma, N. . (2025). PENDAMPINGAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MIN 4 BOYOLALI. Jurnal Al Basirah, 5(1), 151-160. https://doi.org/10.58326/jab.v5i1.336

Issue

Section

Articles