PENDAMPINGAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MIN 4 BOYOLALI
DOI:
https://doi.org/10.58326/jab.v5i1.336Keywords:
Kata Kunci: Dampingan, Literasi, MIN 4 BoyolaliAbstract
Pendampingan gerakan literasi sekolah (GLS) ini bertujuan untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan minat baca serta menumbuhkan budaya literasi di kalangan peserta didik MIN 4 Boyolali. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pendampingan literasi dengan penyediaan bahan bacaan yang menarik dan sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik. Metode pelaksanaan mencakup: (1) observasi awal, (2) pembentukan Tim Literasi Sekolah (TLS), (3) pendampingan program literasi, (4) monitoring, dan (5) evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa: (1) peserta didik menunjukkan antusiasme dan semangat tinggi dalam mengikuti program literasi, dan (2) peserta didik mampu memahami isi bacaan, yang tercermin dari ringkasan tulisan dan presentasi lisan yang mereka hasilkan. Program pendampingan ini diharapkan dapat mendorong sekolah untuk mengembangkan program literasi secara mandiri dan berkelanjutan, sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Kata Kunci: Dampingan, Literasi, MIN 4 Boyolali.