METODE TILAWAH DAN TADABBUR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ALQURAN DI KALANGAN PELAJAR

Authors

  • Fajar Aswati STAIN Bengkalis
  • Abu Anwar STAIN Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.58326/jab.v5i1.296

Keywords:

tilawah, tadabbur, Al Quran

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman Al-Qur’an di kalangan pelajar dan masyarakat Desa Ulu Pulau, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, melalui implementasi metode tilawah dan tadabbur secara terintegrasi. Kegiatan dilaksanakan di Rumah Tahfidz Roudlotul Qur’an, Rumah Tahfidz Ar Raudhah, dan Masjid Nuruttaqwa dengan jadwal tilawah pada malam hari Selasa, Rabu, dan Kamis setelah Maghrib hingga Isya, serta kegiatan mengaji yang berlangsung setiap malam. Metode pengabdian yang digunakan adalah participatory action research (PAR) yang menekankan partisipasi aktif antara pengajar dan peserta, serta bimbingan langsung dalam memperbaiki bacaan Al-Qur’an dari segi tajwid, makharijul huruf, dan pemahaman makna ayat. Temuan menunjukkan bahwa penerapan metode tilawah secara sistematis mampu meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, menumbuhkan kecintaan terhadap kitab suci, serta membangun rutinitas membaca yang berkelanjutan. Sementara itu, metode tadabbur efektif dalam memperdalam pemahaman makna ayat-ayat Al-Qur’an, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, serta menanamkan nilai-nilai spiritual dan moral yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Integrasi kedua metode ini tidak hanya memperkuat aspek teknis dan kognitif, tetapi juga membentuk karakter Islami yang berakhlak mulia, sehingga mendukung tujuan pendidikan Islam yang holistik dan relevan dengan kebutuhan generasi muda saat ini.

Kata kunci: tilawah, tadabbur, Al Quran

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-29

How to Cite

Aswati, F. ., & Anwar, A. . (2025). METODE TILAWAH DAN TADABBUR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ALQURAN DI KALANGAN PELAJAR. Jurnal Al Basirah, 5(1), 19-31. https://doi.org/10.58326/jab.v5i1.296

Issue

Section

Articles