KOMUNIKASI PERSUASIF KEPALA DESA DALAM PENDAMPINGAN KEGIATAN LITERASI MEDIA DIGITAL DAN PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KREATIF DI DESA BANJARWANGI

Authors

  • Teddy Khumaedi
  • Azizah Abdulloh
  • Fifi Sulistiawati Dewi

Keywords:

kepala desa, persuasif, strategi

Abstract

Tujuan pengabdian ini untuk mengetahui pola komunikasi kepala desa Banjarwangi dalam upaya pendampingan masyarakat desa Banjarwangi dalam kegiatan Literasi Media Digital di Desa Banjarwangi Kecamatan Ciawi-Bogor. Dari pendampingan tersebut digunakan strategi komunikasi persuasif kepala Desa Banjarwangi dalam kegiatan pendampingan tersebut dan menghasilkan analisis dasar yang menyimpulkan terdapat dua golongan masyarakat desa banjarwangi yang terlibat dalam kegiatan itu. Yang pertama masyarakat golongan remaja yang menjadi sasaran utama kegiatan tersebut karena cenderung mudah di persuasif kegiatan pendampingan Literasi Media Digital. Dan yang kedua adalah masyarakat golongan dewasa yang menjadi sasaran berikutnya, keberhasilan kegiatan Literasi Media Digital tersebut bisa menjadi tolok ukur dalam pendampingan kegiatan sejenis ditempat lain. Alasan kuat ini bisa dilakukan karena disebabkan adanya faktor perbedaan umur, lingkungan; pola pikir, dan tentunya interaksi di dunia maya, pola berpikir tentang orientasi kesuksesan dan kesejahteraan hidup dan beban hidup yang di tanggung. Adapun orientasi komunikasi persuasif dalam pendampingan kegiatan literasi media digital oleh kepala desa berorientasi untuk mensosialisasikan literasi digital dikalangan masyarakat desa dan membuka desa melek digital, masyarakat cerdas bermedia sosial, serta bahaya informasi hoaks bagi masyarakat desa.  Sehingga harapan besar dari hasil komunikasi persuasif yang di lakukan oleh kepala desa dalam kegiatan pendampingan tersebut yang mencapai sasaran pembinaan bukan hanya untuk golongan masyarakat dewasa saja akan tetapi difokuskan pada golongan masyarakat remaja. Sehingga dapat disimpulkan dengan menggunakan strategi komunikasi persuasif aparat desa berhasil melakukan pendampingan masyarakat dalam kegiatan literasi media digital di desa Banjarwangi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Khumaedi, T., Azizah Abdulloh, & Fifi Sulistiawati Dewi. (2024). KOMUNIKASI PERSUASIF KEPALA DESA DALAM PENDAMPINGAN KEGIATAN LITERASI MEDIA DIGITAL DAN PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KREATIF DI DESA BANJARWANGI. Jurnal Al Basirah, 4(2), 125-140. Retrieved from https://e-journal.staimaswonogiri.ac.id/index.php/albasirah/article/view/234

Issue

Section

Articles