MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN DAN PENGAJARAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) MELALUI SEKOLAH GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) SISTEM 21 JAM

Authors

  • Mulyanto Abdullah Khoir Pendidikan Agama Isam, Pasca Sarjana, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Daliman Pendidikan Agama Isam, Fakultas Tarbiyah, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Kholil Pendidikan Agama Isam, Pasca Sarjana, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Hamid Syarifuddin Pendidikan Agama Isam, Pasca Sarjana, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.58326/jab.v4i2.215

Abstract

Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) menghadapi berbagai dinamika dan permasalahan, baik secara internal maupun eksternal. Secara internal, masalah meliputi SDM, pengelolaan, kurikulum, pendanaan, dan sarana prasarana. Secara eksternal, tantangan datang dari kurangnya perhatian orang tua, perkembangan teknologi, serta pengaruh lingkungan dan teman. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan pengelolaan dan pengajaran para pengelola dan pengajar TPQ di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Pengabdian masyarakat dilakukan melalui program Sekolah Guru TPQ dengan sistem pembelajaran 21 jam yang melibatkan para pengelola dan pengajar TPQ di Nglebak dan Ngudal. Metode yang digunakan meliputi pelatihan, diskusi interaktif, dan praktik langsung. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa peserta: (1) memahami konsep strategis TPQ, (2) mampu mengelola TPQ dengan baik, (3) dapat mengajar dengan lebih menarik, dan (4) mampu menyusun kurikulum dan materi ajar yang efektif. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah peningkatan profesionalisme pengelola dan pengajar TPQ, yang berimplikasi pada peningkatan kualitas pembelajaran Al Qur’an bagi generasi masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Abdullah Khoir, M., Daliman, Kholil, & Syarifuddin, H. . (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN DAN PENGAJARAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) MELALUI SEKOLAH GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) SISTEM 21 JAM. Jurnal Al Basirah, 4(2), 91-112. https://doi.org/10.58326/jab.v4i2.215

Issue

Section

Articles