PELATIHAN MANAJEMEN CLASSROOM BAGI GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI DESA DUWET WONOSARI KLATEN

Authors

  • Sukari
  • Mulyanto Abdullah Khoir Program Studi: Pendidikan Agama Isam, Pasca Sarjana, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Fajrul Kautsar Rifai

DOI:

https://doi.org/10.58326/jab.v4i2.213

Keywords:

community service, classroom management, Qur'an education, Community Based Research

Abstract

Latar belakang pengabdian ini dilatarbelakangi oleh tantangan yang dihadapi oleh guru-guru di TPQ Al-Hidayah Duwet Wonosari Klaten dalam pengelolaan kelas. Meskipun antusiasme masyarakat, terutama anak-anak dan remaja, tinggi dalam mengikuti kegiatan belajar mengaji, banyak guru yang belum memiliki pengalaman dan keterampilan yang memadai dalam manajemen kelas. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru TPQ dalam mengelola kelas secara efektif melalui pelatihan manajemen classroom yang berbasis partisipasi masyarakat. Metode yang digunakan adalah Community Based Research (CBR), di mana para guru terlibat aktif dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Kegiatan pelatihan ini dipimpin oleh narasumber berpengalaman dan dibantu oleh mahasiswa sebagai tenaga lapangan. Hasil dari pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan manajemen kelas guru TPQ, yang tercermin dalam suasana belajar yang lebih kondusif dan efektif. Dengan penerapan metode pengajaran yang lebih bervariasi, pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Al-Hidayah juga menjadi lebih menarik dan interaktif bagi siswa. Diharapkan, keberhasilan program ini tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan di TPQ Al-Hidayah, tetapi juga menjadi model bagi TPQ lain di Kabupaten Klaten.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Sukari, Abdullah Khoir, M. ., & Fajrul Kautsar Rifai. (2024). PELATIHAN MANAJEMEN CLASSROOM BAGI GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI DESA DUWET WONOSARI KLATEN. Jurnal Al Basirah, 4(2), 1-14. https://doi.org/10.58326/jab.v4i2.213

Issue

Section

Articles