Pemanfaatan Media Sosial dalam Dakwah: Tinjauan Strategi Akun Instagram @limproduction

Authors

  • Naulina Hikmah Mahasiswa
  • Sayidah Afyatul Masruroh

DOI:

https://doi.org/10.58326/jan.v1i1.148

Keywords:

Dakwah, Instagram, Strategi

Abstract

Memanfaatkan media sosial dapat memberikan interaksi yang menghibur
antar manusia tanpa memerlukan investasi waktu atau uang. Media sosial
merupakan bagian dari media baru, atau media baru yang berbasis pada
teknologi komunikasi yang dimediasi oleh informasi dan komunikasi (TIK).
Instagram kini menjadi satu-satunya jaringan media sosial yang digunakan
sebagai asisten pribadi. Salah satu aplikasi sederhana yang bisa dijadikan
media dakwah adalah Instagram. Instagram juga dapat digambarkan
sebagai aplikasi liar yang dapat mengambil dan mengedit foto dan video,
memungkinkan pengguna mengunggah gambar, menerapkan filter digital,
dan berbagi konten ke platform media sosial lainnya, termasuk Instagram
itu sendiri. Unit analisis data terdiri dari seluruh atau beberapa postingan
feed yang meminta komentar pengguna di akun Instagram @limproduction.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Alasan peneliti memilih
pendekatan ini yaitu dikarenakan pendepeneloitianan secara analisis suatu
peristiwa. Selain itu pendekatan kualitatif dapat menggambarkan
pandangan realitas yang tidak bisa diukur secara numerik atau angka.
Instagram mempunyai banyak fitur menarik yang diberikan bagi usernya.
Beragam fitur Instagram memfasilitasi kemampuan pengguna untuk
mengekspresikan diri secara kreatif. Selain itu, lihat juga Instagram
@limproduction yang menggunakan fitur tersebut di atas untuk
menggambarkan ajaran Islam melalui bagian feed, reels, follow, likes, dan
comments. Bersama pengguna media sosial lainnya, @limproduction juga
menerapkan strategi efektif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat
dan memberikan bantuan dalam memahami pesan yang disampaikan.
Selain itu, konten yang terdapat di akun Instagram @limproduction
menawarkan wawasan segar dengan konten persuasif. Selanjutnya, desain
grafis dan bahasa Indonesia yang mudah digunakan membuat anak lebih
mudah belajar.
Kata Kunci: Strategi, Dakwah, Instagram

Downloads

Published

2024-09-25

How to Cite

Hikmah, N., & Masruroh, S. A. (2024). Pemanfaatan Media Sosial dalam Dakwah: Tinjauan Strategi Akun Instagram @limproduction. Jurnal Al Nahyan, 1(1), 40-53. https://doi.org/10.58326/jan.v1i1.148